Langkah Strategis Prabowo-Gibran Tingkatkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan

- Wartawan

Jumat, 2 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

7 Alasan Pilih Prabowo Subianto yang Harus Kalian Ketahui

7 Alasan Pilih Prabowo Subianto yang Harus Kalian Ketahui

Sumutterkini.com, JAKARTA – Komandan Tim Komunikasi Bravo Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono menggarisbawahi ulang komitmen pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 ini untuk menjamin kesejahteraan petani dan nelayan Indonesia.

“Sesuai dengan yang sudah disampaikan Pak Prabowo, TKN Prabowo-Gibran akan terus menyampaikan lagi bahwa kesejahteraan petani dan nelayan harus menjadi tanggung jawab pemerintah. Ini tidak bisa diserahkan kepada mekanisme pasar,” jelas Budisatrio dalam siaran persnya, Kamis (1/2/2024) dikutip dari Kompas.com.

Komitmen Prabowo-Gibran itu kembali diutarakan Budisatrio menjelang pelaksanaan debat pemilihan presiden (pilpres) terakhir pada Minggu (4/2/2024), yang salah satunya akan membahas mengenai kesejahteraan sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lebih lanjut, Budisatrio Djiwandono menyatakan, Prabowo-Gibran sudah menyiapkan beberapa langkah strategis dan praktis untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

“Di visi misi Prabowo-Gibran bisa di-cek program prioritas nomor 12, Asta Cita ke-2 bagian 2 Swasembada Pangan dan bagian 8 tentang Ekonomi Biru. Ini didedikasikan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan kita.” jelasnya.

Untuk mewujudkan program tersebut, Budisatrio menegaskan bahwa Prabowo-Gibran akan mengambil langkah pertama dengan menghapus kredit-kredit macet di tingkat petani dan nelayan kecil.

“Hal yang pertama kami lakukan adalah pemutihan hutang. Prabowo-Gibran akan menghapus kredit-kredit macet dari petani dan nelayan kecil. Beban mereka harus diangkat terlebih dahulu, agar kemudian bisa lebih bisa berusaha untuk kesejahteraan mereka sendiri.” jelasnya.

Adapun untuk meningkatkan kesejahteraan petani, Budisatrio mengatakan, Prabowo-Gibran akan menjamin ketersediaan pupuk, kepemilikan lahan dan menjamin harga jual hasil panen dari petani kompetitif dan terjaga.

Ia mengatakan, Prabowo-Gibran akan mengevaluasi total program Kartu Tani yang bermasalah, terutama di Jawa Tengah. Hal ini untuk menciptakan akses langsung petani kepada pupuk dan benih.

“Kredit kepemilikian lahan juga akan kami kembangkan agar petani memiliki lahannya sendiri,” jelas Budisatrio.

Untuk jaminan harga panen, Budisatrio mengatakan, Prabowo-Gibran akan menjamin harga pembelian pemerintah dari hasil panen memberikan keuntungan minimal 30 persen kepada petani.

Baca Juga  Soal Penampilan Gibran di Debat Ke-4, Prabowo Beri Nilai 9,9

Soal biaya produksi, ia mengatakan, Prabowo-Gibran juga akan menurunkan bunga bank bagi yang membutuhkan kredit modal, serta penjaminan ketersediaan pupuk, obat, dan pestisida.

“(Semua itu) harus langsung (dilakukan) ke petani. Jangan banyak perantara.” kata dia.

Kesejahteraan nelayan

Hal senada juga bakal diterapkan kepada nelayan. Budisatrio menjelaskan bahwa hampir semua fasilitas kesejahteraan sosial untuk petani akan tersedia untuk nelayan.

“Selain semua kartu kesejahteraan sosial yang sama dengan petani, nelayan secara khusus juga mendapatkan kredit usaha nelayan dan kredit usaha pesisir. Selain itu juga akan ada fasilitas cold storage di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk menyimpan hasil tangkapan nelayan,” jelasnya.

Budisatrio menegaskan, Prabowo-Gibran akan berupaya mengembalikan kedaultan Indonesia sebagai poros maritim, dan memastikan sarana dan prasarana yang unggul tersedia untuk nelayan Indonesia.

Prabowo-Gibran, kata dia, akan pula membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi maritim berbasis pulau-pulau kecil, terluar, dan kawasan pesisir.

“Juga akan ada armada perikanan untuk melayani zona ekonomi eksklusif (ZEE) dengan skema kemitraan, sehingga nelayan bisa mendapatkan modal dan kapal yang lebih besar,” terang Wakil Ketua Umum Gerindra tersebut.

Untuk pendidikan anak-anak petani dan nelayan, Budisatrio menyatakan bahwa Prabowo-Gibran akan memprioritaskan mereka mendapatkan beasiswa, mulai dari jenjang S1 sampai S3.

“Bukan agar mereka berhenti jadi petani dan nelayan, tapi agar kemudian bangga menjadi anak nelayan dan petani serta mau mengembangkan potensi kita di sektor pertanian dan perikanan,” ujarnya.

Dengan sederet langkah kebijakan tersebut, Budisatrio meyakini kesejahteraan petani dan nelayan akan semakin meningkat dalam pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya.

“Pak Prabowo sendiri adalah pembina dari Kelompok Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) yang memperjuangkan harkat petani dan nelayan,” ujarnya.

Jadi memang solusi yang kami tawarkan adalah menyeluruh dari hulu sampai ke hilir. Indonesia Maju yang kita impikan adalah petani dan nelayan yang sejahtera,” kata Budisatrio. (rsy/sumutterkini.com)

Berita Terkait

SOKSI Sumut: Hasto Jangan Kurang Ajar ke Presiden Jokowi
Kaesang Pastikan Istrinya, Erina Gudono Tak Maju Jadi Calon Bupati Sleman
Ditanya Rencana Pertemuan dengan Megawati, Prabowo Hanya Lambaikan Tangan
Kapolres Nias dan Ketua Bhayangkari Kunjungi Pos Pengamanan Idul Fitri
Prabowo Tunggu dan Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024
Soal Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, PKB: 1000 Persen Enggak Betul
Prabowo: Para Pemimpin Bersatu, Indonesia Siap Hadapi Tantangan Besar
DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta, Fraksi PKS Menolak

Berita Terkait

Senin, 15 April 2024 - 23:20 WIB

SOKSI Sumut: Hasto Jangan Kurang Ajar ke Presiden Jokowi

Senin, 15 April 2024 - 22:22 WIB

Kaesang Pastikan Istrinya, Erina Gudono Tak Maju Jadi Calon Bupati Sleman

Kamis, 11 April 2024 - 23:25 WIB

Ditanya Rencana Pertemuan dengan Megawati, Prabowo Hanya Lambaikan Tangan

Senin, 8 April 2024 - 17:21 WIB

Kapolres Nias dan Ketua Bhayangkari Kunjungi Pos Pengamanan Idul Fitri

Senin, 1 April 2024 - 22:30 WIB

Prabowo Tunggu dan Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

Senin, 1 April 2024 - 15:05 WIB

Soal Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, PKB: 1000 Persen Enggak Betul

Sabtu, 30 Maret 2024 - 09:07 WIB

Prabowo: Para Pemimpin Bersatu, Indonesia Siap Hadapi Tantangan Besar

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:28 WIB

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta, Fraksi PKS Menolak

Berita Terbaru

BPJS: Banyak Anak Baru Lahir Belum Miliki NIK. (Foto: Nusantaraterkini.co)

Medan

BPJS: Banyak Anak Baru Lahir Belum Miliki NIK

Selasa, 16 Apr 2024 - 22:15 WIB

Hari Pertama Kerja, Pegawai RSU Haji Hadir 100 Persen. (Foto: istimewa)

Berita

Hari Pertama Kerja, Pegawai RSU Haji Hadir 100 Persen

Selasa, 16 Apr 2024 - 18:59 WIB