Final Piala Dunia 2026 akan Digelar di Stadion MetLife New York

- Wartawan

Senin, 5 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Final Piala Dunia 2026 akan Digelar di Stadion MetLife New York. (Foto: X/Twitter)

Final Piala Dunia 2026 akan Digelar di Stadion MetLife New York. (Foto: X/Twitter)

Final Piala Dunia 2026 akan Digelar di Stadion MetLife New York

Sumutterkini.com, JAKARTA Panitia penyelenggara FIFA, Senin (5/2/2024) dini hari, mengumumkan bahwa final Piala Dunia 2026 akan digelar di Stadion MetLife di New York/New Jersey.

Mengutip Antara, kompetisi itu sendiri akan dimulai dengan pertandingan pembukaan di Stadion Azteca di Mexico City pada 11 Juni. Pertandingan piala dunia 2026 ini sendiri akan berlangsung dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion luar biasa di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat (AS).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonis ke final spektakuler di New York New Jersey, para pemain dan penggemar telah menjadi inti dari rencana ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan… yang bukan hanya menetapkan rekor-rekor baru, namun juga meninggalkan warisan yang tidak terbantahkan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dikutip dari AFP.

Atlanta dan Dallas akan menjadi lokasi berlangsungnya laga-laga semifinal, sedangkan pertandingan perebutan peringkat ketiga akan dimainkan di Miami.

Pertandingan-pertandingan perempat final akan dimainkan di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston.

Total terdapat 16 kota di tiga negara yang akan menjadi tuan rumah dengan sebagian besar pertandingan akan dimainkan di AS.

Piala Dunia 1994 juga berlangsung di AS dan pertandingan final saat itu dimainkan di Rose Bowl di Pasadena, dekat Los Angeles.

Pada Piala Dunia 1994, pertandingan-pertandingan yang dimainkan di New York berlangsung di Stadion Giants yang kemudian dihancurkan untuk dibangun Stadion MetLife yang dibuka pada 2010.

Keputusan itu diumumkan melalui siaran langsung televisi di Amerika Utara yang menampilkan Infantino bersama pelawak dan aktor Kevin Hart, penyanyi Drake, dan pesohor Kim Kardashian.

Stadion MetLife berkapasitas 82.500 penonton, melintasi Sungai Hudson dari New York di East Rutherford, New Jersey.

Stadion itu merupakan kandang tim american football New York Giants dan New York Jets, namun stadion itu pernah menyelenggarakan beberapa pertandingan sepak bola internasional, termasuk final Piala Amerika 2016.

New York telah berusaha keras melakukan lobi agar dapat menyelenggarakan laga final tersebut untuk menambah pengalaman kota itu dalam menjadi tuan rumah ajang-ajang internasional utama, sekaligus memperkuat posisi mereka sebagai kota global dengan koneksi transportasi yang mudah untuk para penonton.

Baca Juga  FIFA Resmi Tunjuk Spanyol, Maroko dan Portugal Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Dallas pun berharap bahwa Stadion AT&T di Arlington, Texas, akan mendapat manfaat. Stadion itu sendiri merupakan kandang tim american football Dallas Cowboys.

Terdapat sejumlah kompensasi bagi Dallas dengan kota mereka mendapat jatah untuk memainkan sembilan pertandingan. Jumlah itu merupakan jumlah pertandingan terbanyak untuk satu kota.

Los Angeles juga sempat berusaha untuk dapat menyelenggarakan laga puncak, namun mereka terganjal dengan permintaan FIFA untuk melakukan sejumlah perubahan di Stadion SoFi.

Azteca akan menjadi stadion pertama yang menjadi tuan rumah untuk tiga turnamen Piala Dunia dalam tiga edisi yang berbeda, setelah 1970 dan 1986. Stadion itu merupakan tempat berlangsungnya final pada turnamen 1970 dan 1986.

Piala Dunia 2026 akan berlangsung bertepatan dengan perayaan ulang tahun kemerdekaan AS ke-250.

Pertandingan putaran 16 besar akan berlangsung pada 4 Juli, hari kemerdekaan, di Philadelphia, di mana Deklarasi Kemerdekaan AS ditandatangani. AS akan memulai fase grup kompetisi di Stadion SoFi di Los Angeles pada 12 Juni dan juga akan bermain di Seattle.

Toronto terpilih untuk menjadi tuan rumah pertandingan pertama untuk timnas Kanada. Vamcouver merupakan kota Kanada lain yang akan menjamu pertandingan untuk timnas Kanada.

Ekspansi turnamen itu dari 32 tim menjadi 48 tim akan menambah jumlah pertandingan yang dimainkan sebanyak 24 laga. Sehingga total akan terdapat 104 pertandingan yang diselenggarakan di 16 lokasi.

Turnamen ini akan menggunakan format 12 grup berisi empat tim. Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke fase gugur bersama delapan tim peringkat ketiga terbaik. Dari sana, kompetisi akan memainkan fase gugur dengan para finalis akan memainkan total delapan pertandingan. Jumlah itu satu pertandingan lebih banyak dibandingkan format edisi sebelumnya.

Sebanyak 16 kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 adalah Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto, dan Vancouver.

(cw2/Sumutterkini.com)

Penulis : Cw2

Editor : Winata

Sumber Berita : Antara

Berita Terkait

Erick Thohir: Sepakbola Indonesia Akan Berkembang Baik dengan VAR
Chelsea Tahan Imbang Manchester City 1-1 di Etihad
Jelang Hadapi Manchester City, Chelsea Tak Ragu Mainkan Taktik Menyerang
Dramatis, Aston Villa Kalah 1-2 Atas Manchester United, McTominay Menangkan The Red Devils
Liga Inggris : Arsenal Pesta 6-0 saat Lawan West Ham, Declan Rice Tanpa Selebrasi
Liga Inggris : Aston Villa Vs Manchester United Live SCTV Pukul 23.30 WIB
Salernitana Pecat Filippo dari Kursi Pelatih
Viral, Seorang Pemain Bola Tewas Tersambar Petir di Stadion Siliwangi Bandung

Berita Terkait

Minggu, 18 Februari 2024 - 14:14 WIB

Erick Thohir: Sepakbola Indonesia Akan Berkembang Baik dengan VAR

Minggu, 18 Februari 2024 - 10:38 WIB

Chelsea Tahan Imbang Manchester City 1-1 di Etihad

Sabtu, 17 Februari 2024 - 12:43 WIB

Jelang Hadapi Manchester City, Chelsea Tak Ragu Mainkan Taktik Menyerang

Senin, 12 Februari 2024 - 18:08 WIB

Dramatis, Aston Villa Kalah 1-2 Atas Manchester United, McTominay Menangkan The Red Devils

Minggu, 11 Februari 2024 - 23:06 WIB

Liga Inggris : Arsenal Pesta 6-0 saat Lawan West Ham, Declan Rice Tanpa Selebrasi

Minggu, 11 Februari 2024 - 22:16 WIB

Liga Inggris : Aston Villa Vs Manchester United Live SCTV Pukul 23.30 WIB

Minggu, 11 Februari 2024 - 21:22 WIB

Salernitana Pecat Filippo dari Kursi Pelatih

Minggu, 11 Februari 2024 - 17:55 WIB

Viral, Seorang Pemain Bola Tewas Tersambar Petir di Stadion Siliwangi Bandung

Berita Terbaru

Pengembangan Desa Wisata Jangan Abaikan Kearifan Lokal. (Foto: istimewa)

Wisata

Pengembangan Desa Wisata Jangan Abaikan Kearifan Lokal

Kamis, 22 Feb 2024 - 20:11 WIB

Hasanal Mulkan, kuasa hukum dua Caleg di Empat Lawang yang mengaku bahwa adanya jual beli surat suara di TPS saat Pemilu. Temuan itupun kini sudah dilaporkan ke Bawaslu Sumatera Selatan.(KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA)

Nasional

2 Caleg Laporkan Dugaan Adanya Jual Beli Suara di Sumsel

Kamis, 22 Feb 2024 - 19:51 WIB

IKRAR SETIA NKRI- Hamrudin, narapidana terorisme (napiter) (tengah) saat mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bersama dua napiter lainnya, Bustar bin Tahang, dan Riza Bagus Melian di Lapas Kelas I Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (22/2/2024).(KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI)

Nasional

Tangis Napi Terorisme Saat Ikrar Setia NKRI di Lapas Madiun

Kamis, 22 Feb 2024 - 19:45 WIB