Edy Harapkan Peran Aptari pada Pembangunan Sumut

Edy Harapkan Peran Aptari pada Pembangunan Sumut

Sumutterkini.com, MEDAN Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta pada Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (Aptari) untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah, khususnya terkait penataan dan keindahan bangunan. Kota yang tertata rapi, tentunya memberikan kesan kemandirian bangsa itu sendiri.

Hal ini disampaikan Edy Rahmayadi saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Aptari di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (15/8/2023).

“Pembangunan di Sumut, saya minta ada campur tangan Aptari agar disain bangunan ini dapat lebih terlihat bagus dan rapi, yang tujuannya dapat mengimbangi bangunan di Eropa. Kita lihat keindahan dan kerapian kota kita di sini juga ada peran dari arsitek. Maka dari dalam penentuan grand disain ini perlu melibatkan arsitek, dalam pelaksanaan pembangunan,” ucap Edy Rahmayadi.

Menurut Edy, keindahan dan kerapian kota dapat diperoleh bila dikerjakan oleh pemerintah dan ahlinya yakni Aptari. Oleh karena itu, ke depan Edy meminta Aptari dapat duduk bersama dengan pemerintah, untuk mendiskusikan mengenai grand disain yang akan dikerjakan.

“Tentunya ini dapat menjawab semua persoalan yang telah terjadi dalam tata ruang selama ini, agar lebih baik dan tertata kembali. Sumut juga terus melakukan pembangunan di antaranya pembangunan sport centre,” katanya.

Sementara itu, Ketua Aptari Yulianto Purwono Prihatmaji menyampaikan, sampai saat ini ada delapan Perguruan Tinggi arsitek di Indonesia, yang terus mencetak mahasiswa handal dalam bidang arsitek. Diharapkan delapan kampus ini tentunya dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan arsitektur di Indonesia.

“Tentunya kita berharap perkembangan arsitektur di Indonesia dapat terus berkembang dari delapan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Peran dan harapan kita ke depan dapat berkontribusi pada pembangunan yang ada,” katanya.

(cw2/Sumutterkini.com)

Komentar