Launching Jamkesda Langkat Sehat, H Ngogesa Sitepu SH Berikan 15000 Masyarakat KIS

oleh
Bupati Labgkat H Ngogesa Sitepu SH saat memberikan sambutannya. (Vren)

Langkat (matahari.co)
Didampingi Anggota Komisi IX DPR RI Delia Pratiwi Br Sitepu SH, Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana PA, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH memukul gong pertanda telah dilaunchingnya Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kabupaten Langkat dalam program pemerintah Indonesia Sehat di Taman Mini Wisata Langkat, Rabu (15/3).

Dalam sambutannya Ngogesa berharapan agar seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Sumatera Utara dan terkhusus masyarakat Kabupaten Langkat agar selalu hidup sehat dan dapat menjalankan rutinitas sehari-hari.

“Dengan launchingnya Jamkesda Di Kabupaten Langkat ini, masyarakat akan menerima Kartu Indonesia Sehat yang dijamin oleh saya pemerintah daerah. Untuk itu saya berharap masyarakat sehat dan sejahtera,” ujar Ngogesa.

Kepada Pimpinan SKPD, Ngogesa meminta agar terus menjalankan program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Seluruh SKPD di Pemerintah Kabupaten Langkat harus menjalankan program kesejahteraan masyarakat. Kepada SKPD terkait agar dapat mendata kemiskinan masyarakat yang kurang mampu dengan data yang valid. Sehingga, program Jamkesda ibi tidak salah peruntukannya,” tegas Ngogesa.

Suasana saat Launching Jamkesda Langkat. (Vren)

Selain mendata jumlah masyarakat kurang mampu, Ngogesa juga meminta SKPD agar terus menjalankab program Langkat Sehat. “Kita semua harus menjalankan program Langkat Sehat dengan sikap melayani tanpa membedakan,” imbuh Ngogesa.

Ngogesa juga menanyakan langsung kepada masyarakat penerima Kartu Jamkesda apakah sudah mengerti cara penggunaannya. Dan masyarakat menjawab dengan mengatakan bahwa sudah ada dilakukan sosialisasi sewaktu pendataan penerima kartu sehat.

“Alhamdulillah masyarakat telah mengerti cara penggunaannya. Semiga kita selalu diberikan kesehatan dan hidup dengan kesejahteraan melalui program kesejahteraan pemerintah,” pungkas Ngogesa.

Tampak hadir pada acara tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI Delia Pratiwi Br Sitepu SH, Ketua TP PKK Langkat Hj Nuraidah Ngogesa, Ikatan Istri Anggota Dewan, Unsur Forkopimda, para Anggota DPRD Langkat dan SKPD Pemkab Langkat.

Sementara, Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana PA, dalam sambutannya mengatakan bahwa jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) adalah jaminan pembayaran program kesehatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Jamkesda untuk mewujudkan masyarakat Langkat Sehat.

“Masyarakat akan mendapat Kartu Indonesia Sehat melalui program Jamkesda Pemkab Langkat guna mewujudkan masyarakat Langkat yang sehat dan sejahtera,” jelasnya.

Anggota Komisi IX DPR RI Delia Pratiwi Br Sitepu SH saat memberikan santunan. (Vren)

Sementara, Kepala BPJS Cabang Utama Medan Dr. Sudarto. KS, AAK menjelaskan bahwa program jaringan kesehatan nasional adalah implementasi program Indonesia sehat yang sudah diluncurkan pemerintah mulai Tahun 2014.

“Program ini sesuai dengan regulasi pelaksanaannya melalui program Kartu Indonesia Sehat yang sudah diluncurkan pada Tahun 2014 lalu,” ujarnya.

Dia mengakui bahwa pihaknya memiliki waktu kurang dari dua tahun untuk menjalankan program Kartu Indonesia Sehat agar masyarakat seluruh Indonesia memiliki kartu jaminan kesehatan.

“Untuk itu, kami sangat membutuhkan kontribusi dari pihak swasta untuk memasukkan karyawannya menjadi peserta Jamkesda. Untuk saat ini baru 4 persen perusahaan yang bergabung kepada kami,” jelasnya.

Dengan adanya peran seluruh sektor, sambungnya, maka program ini akan cepat terealisasi kepada masyarakat.

Selaku panitia acara, Sekertaris Daerah Langkat H Indra Salahudin mengucapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mensukseskan program itu.

“Atas nama panitia kami mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak. Kami juga sangat berterimakasih kepada Bapak Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu yang telah berperan penting dalam mensukseskan program ini,” katanya.

Program Jaminan Kesehatan Daerah ini dilakukan untuk mewujudkan masyarakat Langkat yang sehat dan sejahtera. “Semoga dengan launchingnya program kesehatan ini masyarakat dalam terjamin kesehatannya,” ringkasnya.

Seperti diketahui, pada acara Launching Jaminan Kesehatan Daerah untuk Langkat sehat, Bupati Ngogesa Sitepu SH membagikan 15000 Kartu Indonesia Sehat melalui program Jaminan Kesehatan Daerah. (Nda)

(Visited 43 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *