3 Cangkir Kopi, Atasi Penuaan

oleh
Ilustrasi gambar
Jakarta (matahari.co)
Anda penggemar kopi? Studi ungkap jika dikonsumsi secara tepat minuman yang satu ini bisa bermanfaat bagi kesehatan lho. Salah satunya mencegah pikun seperti dilansir dari detikcom.
Tim peneliti dari University of Coimbra, Portugal, menjelaskan bahwa konsumsi kopi sekitar tiga cangkir per hari membantu melindungi tubuh dari penyakit yang berkaitan dengan penurunan kognitif dan penuaan. Termasuk di antaranya penyakit Alzheimer dan Parkinson.
Ya, dalam jangka panjang konsumsi kopi dalam porsi sedang diyakini dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer hingga 27 persen.
“Perlindungan terbesar terhadap penurunan kognitif dapat dilihat pada mereka yang mengonsumsi sekitar 3-5 cangkir kopi per hari,” ungkap peneliti Prof Rodrigo A. Cunha, seperti dikutip dari Times of India.
Kafein yang terdapat di dalam kopi merupakan agen anti-inflamasi serta antioksidan seperti asam caffeic. Ini merupakan antioksidan yang berkaitan dengan fungsi kognitif.
Selain itu, kopi juga diyakini dapat membantu menurunkan risiko multiple schlerosis dan cegah tulang keropos.
Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal peer-reviewed, yakni Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry mengungkapkan bahwa orang-orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari risiko multiple schlerosis (MS).
Diyakini kandungan kafein juga punya efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang. (Int/dtc)
(Visited 23 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *